Artikel September 06

phpBB, Forum Pengganti Milis

Internet sudah menjadi kata yang tidak asing lagi kita dengar. Dari orang-orang tua hingga golongan muda, dari para eksekutif muda hingga anak-anak di bangku sekolah dan kuliah. Meskipun harus kita akui, persebarannya masih belum merata karena perhatian terhadap teknologi di tiap daerah berbeda. Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika memutuskan untuk mengadakan riset bernama ARPANET tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik (Kompas, 2002).

Umumnya para pengguna memanfaatkannya untuk mencari data dan sebagai surat elektronik atau lebih dikenal dengan nama email. Email begitu populer karena merupakan sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat. Dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini (Bob Julius Onggo; 2005). Email diciptakan tahun 1971 oleh Roy Tomlinson. Setahun berikutnya ia berhasil menyempurnakannya. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.

Sampai saat ini jumlah pengguna email di seluruh dunia diperkirakan melonjak sekitar 138% dari 505 juta di tahun 2000 dan meningkat menjadi 1,2 miliar di tahun 2005 (riset Jupiter Media Metrix). Faktor pendukung perkembangan email lainnya adalah semakin booming-nya internet khususnya dengan tersedianya Top Level Domain yang baru, seperti .info, .biz, dan .pro. Selain itu, berbagai perusahaan teknologi telah mengembangkan email viewer ke berbagai peralatan, seperti PDA, WinCe, Palm, dan Psion (http://www.bjoconsulting.com)

Dengan begitu banyaknya pengguna email maka terbentuklah komunitas-komunitas yang membentuk mailing list (milis). Motivasi membentuk milis ini dikarenakan perlunya wadah untuk memfasilitasi para pengguna email yang memiliki kesamaan kepentingan, bisa berupa hobi, pekerjaan, ataupun untuk organisasi. Kelebihan milis adalah massive. Maksudnya, jika kita berkirim ke alamat suatu milis maka akan terkirim ke semua alamat email yang tergabung di dalam milis itu. Sejauh ini milis lebih banyak digunakan untuk diskusi, menyampaikan informasi, meminta pendapat ataupun yang lainnya.

Sejarah milis di Indonesia berawal sekitar tahun 1987 s.d. 1988. Pada waktu itu internet masih belum terbentuk seperti sekarang ini. Sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, Amerika Serikat membentuk milis Indonesia yang pertama dengan alamat email indonesians@janus.berkeley.edu. Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini.

Namun demikian, milis kurang praktis untuk beberapa hal. Misalnya, setiap email yang terkirim ke milis akan terkirim ke email kita. Apabila kita jarang membacanya, maka inbox kita penuh terisi milis. Padahal, kapasitas email sangat terbatas. Full inbox juga dapat membuat pesan-pesan non milis terselip sehingga tidak terbaca. Padahal, pesan tersebut bisa jadi sangat penting.

Milis juga tidak interaktif untuk diskusi karena kita tidak dapat mengklasifikasikan pesan berdasarkan temanya. Contohnya saja untuk komunikasi internal sebuah organisasi, kita memerlukan semacam folder sehingga wacana atau informasi untuk bidang humas tidak bercampur dengan kesekretariatan. Atau agenda-agenda yang menjadi program humas dapat dibahas lebih detail.

Milis juga merepotkan user jika harus me-reply suatu pesan karena harus menyertakan pesan sebelumnya yang kita reply. Jika tidak, sulit bagi orang lain untuk mengetahui pesan mana yang sedang kita respon. Karena saat ini pengguna milis terpusat pada jasa yahoogroups.com, pengaksesan menjadi sangat lambat. Banyak bandwidth internasional tersedot karena hal tersebut.

Berdasarkan berbagai fakta tersebut, saat ini sedang marak penggunaan forum berbasis phpBB untuk meminimalisasi kekurangan milis. Proyek phpBB pertama kali dikembangkan oleh James Atkinson. Ketika itu pada pertengahan Juni 2002 memang masih begitu minim forum berbasis PHP. Maka dimulailah proyek tersebut. Akhirnya, untuk pertama kalinya pada 16 Desember 2000 forum tersebut dirilis dengan label phpBB v1.0.0. Kemudian Paul dan Frank bergabung dalam rangkaian perbaikan phpBB dan dirilislah versi 2.0 pada 4 April 2002.

phpBB sangat sesuai digunakan untuk wahana diskusi dan bertukar informasi. Tidak seperti milis, phpBB tidak mengganggu space email kita. phpBB hanya perlu diinstall di sebuah web hosting berbasis mySQL dan PHP. Memori penyimpanan yang dipakai adalah web hosting tersebut. Untuk ikut berpartisipasi juga mudah. Setiap calon user tinggal melakukan registrasi seperti mengisi data pribadi. Setelah itu ia akan mendapatkan account dan password untuk bergabung. phpBB membutuhkan seorang user untuk bertindak sebagai admin. Tugasnya melakukan managemen baik user maupun desain content. Salah satu forum berbasis phpBB yang saat ini marak dikunjungi adalah http://www.kaskus.com. Bahkan, beberapa vendor GSM juga sudah memakainya untuk diskusi para pengunjungnya seperti klubmentari.com dan m3-access.com.

Manfaat lain dari phpBB adalah kita dapat membuat klasifikasi diskusi dengan mudah. Contohnya, kita sedang membuat sebuah forum BEM fakultas. Kita dapat membuat kategori berdasarkan masing-masing bidang. Kemudian, di masing-masing kategori juga dapat dibuat forum baru. Jadi, pengaturan file akan tercipta sehingga dapat membantu user untuk pencarian data. Jika user ingin me-reply posting-an, istilah pesan dalam phpBB, tidak perlu disertakan posting-an sebelumnya. Inilah kekhasan phpBB di mana setiap posting-an akan di-list dengan menampilkan waktu dan username pengirimnya. Dengan berbagai kelebihan tersebut, mungkin telah tiba waktunya bagi browser internet, khususnya pecinta diskusi, untuk mengubah penggunaan media milis ke forum phpBB.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s