Jagain Pemira Perdana

Sebenarnya bukan tugas saya secara struktural buat njagain kotak suara pemira IKM UI. Ada beberapa orang sih jadi panitianya. Tapi, karena mereka pada sibuk, yang satunya kuliah dan satunya lagi ikut aksi pendidikan BEM se-Indonesia, jadi saya menyatakan diri untuk bersedia membantu rekan2 saya ini. Prinsipnya gampang aja sih, betapa senangnya meringankan beban orang lain. Dan saya yakin, temen2 saya ini akan begitu lega hatinya ketika beban amanah yang ditinggalkannya sudah ada yang mengurus, he…he…

Dan alhamdulillah, betapa Allah sangat memudahkan saya dalam menjalankan amanah ini. Total jendral udah ada kurang lebih 130 orang yang mencoblos hari Selasa ini. Itu artinya kertas suara awal dari Panitia Pemira UI udah habis karena cuma nge-drop 150 kertas suara. Dan hari kemaren, berdasarkan data yang ada, sudah ada lima belas anak yang mencoblos.

Continue reading

Nginep dua hari di lab

Yah, akhir pekan ini menjadi sangat spesial. Kenapa?? Karena selama dua hari ini saya nginep di lab kampus. Sendirian!!

Sabtu nginep karena emang udah mulai jadi kebiasaan pengen nginep di lab kampus tiap Sabtu. Abis di asrama, sumpek juga. Sepi. Kagak ada komputer karena udah dibawa ke lab ini. Sambil sekalian refreshing. Maklum, anak muda yang kesepian…… hwakaakakaka

Nah, kalo nginep hari Minggu ini sih karena terpaksa. Abis mau gimana lagi. Tugas belum kelar sama sekali. Jadi, ya dibela-belain deh nginep. Padahal pengin maen ke kosan adek, ngobrol tentang idealisme dan visi masa depan. Pengin juga maen ke Ophenk, memenuhi undangan ngobrol juga. Tapi… gak perlu disesali lah. Ntar saya coba arrange jadwal lagi biar lebih rapi hidupku ini. Sip……

Seberapa Ketagihan Nge-blog-kah Saya?

Dengan redaksi bahasa yang kurang lebih sama, maka saya dengan sangat iseng2 mencoba mengukur seberapa ketagihankah saya dalam menge-blog??

Dari link situs ini lantas saya mencoba mengkalkulasi diri sendiri. Dan inilah hasilnya…..ternyata saya rate ketagihannya 50%…… Lumayan lah, gak gaptek2 amat, gak nyandu2 amat, hwa…ha…ha…

Artikel September 07

Memahami Makna Penyelengaraan MTQ di Kota Tegal

Tiap tahun, kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) rutin diselenggarakan di Kota Tegal. Penyelenggaraan MTQ ini tentunya bagi kita, masyarakat Kota Tegal, diharapkan mampu memberikan secercah harapan bagi penanaman kembali nilai-nilai Quran di lapisan masyarakat.

Penulis sendiri selaku salah seorang warga Kota Tegal sangat mengharapkan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial saja. MTQ adalah momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman yang saat ini sedang mengalami masa krisis, di mana Al Quran hanya sebatas di tenggorokan, belum menyentuh qalbu. Semangat baru inilah yang akan menanamkan kembali nilai-nilai Islam di kalangan umat di kota Tegal.

Continue reading

Artikel Agustus 07

Standardisasi Layanan Internet

Ketika Pemerintah mewacanakan diberlakukannya kebijakan standardisasi pemenuhan kualitas layanan atau quality of services (QoS), kalangan usahawan internet service provider (ISP) menolak lantang. Mereka, kalangan usahawan ini, tidak mau pemerintah terlalu campur tangan hingga urusan teknis operasional. Dalam kebijakan ini, pemerintah mengatur tentang ketersediaan layanan, standar pemenuhan permohonan pasang baru, standar kinerja jaringan, dan pemulihan layanan jasa akses internet. Standardisasi ini nantinya meliputi layanan internet berbasis dial up, leased line, dan broadband mulai 2008 mendatang.

Dengan kebijakan tersebut, kalangan usaha menganggap pemerintah hanya mencari-cari alasan untuk mengambil denda. Alasan lainnya adalah memperbanyak regulasi bukanlah suatu solusi dalam era pasar bebas sekarang ini. Penguasa pasar adalah konsumen. Jika ada ketidakpuasan layanan, maka konsumenlah yang berhak mengkomplain lewat lembaga pengaduan konsumen.

Continue reading