Living with “The Giants” in PPSDMS

Membaca tulisan Tegar, jadi pengen juga membuat tulisan serupa. Tapi tentu saja dilihat dari perspektif saya. Bisa saja ada yang sama dengan Tegar, bisa jadi juga banyak yang beda. Jadi, begini ceritanya…… 🙂

Berawal dari 2006 lalu ketika saya dapet beasiswa PPSDMS. Sebenernya sejak pertama kali masuk tahun 204 di fasilkom pun emang udah ngincer nih beasiswa. Soalnya denger2 kabar, yang masuk situ “jagoan-jagoan UI”. Wah, jadi termotivasi deh buat masuknya. Singkat cerita, setelah melalui berbagai tahapan seleksi, saya resmi menandatangani kontrak untuk masuk ke asrama PPSDMS per 1 Agustus 2006. Pertama kali liat bangunannya, woi… mantep banget dah….. Masih baru2 semua tuh! Kayaknya emang disediain khusus buat kita-kita yang baru masuk. Hehehe…..

Ada 30 orang yang diterima di PPSDMS, termasuk saya. Pertama kali kenalan, minder juga. Gimana nggak??? Ada yang aktivis BEM, orang KSM, LDF, sampe pengurus LDK juga ada. Dibandingkan sama saya, saya mah belum ada apa-apanya…… Heran juga kenapa bisa masuk asrama ini. Udah kagak ada orang lagi kayaknya, hehehe….. Oh ya, kenalannya waktu itu dikumpulin bareng di acara Pendidikan Kepemimpinan Nasional I (PKN I). Jadi, gak cuma bareng anak2 UI doang. Di acara itu ngumpul bareng temen2 dari regional lain, ITB, UNPAD, UGM, ITS, UNAIR, dan IPB. Pokoknya keren banget lah!!! Ini kayaknya acara paling fenomenal yang nggak bisa saya lupain.

Habis acara itu, berlanjutlah kehidupan yang sebenarnya di asrama. Pertama kali kaget juga. “Gila nih, ini asrama apa penjara ya???” Soalnya jadwal dan aturannya ketat banget. Acara hampir tiap minggu ada. Minimal dua kali lah! dan itu ngambil jam2 enak buat belajar. Dari jam 8.00-10.30 malem. Belum lagi ada aturan harus nginep. Kalo mau gak nginep ato ikut acara, harus ijin dulu! Hwaaaa……. Tolong!!!! Nggak cukup sampe di situ aja Bos!! Kita juga dituntut untuk meningkatkan prestasi akademis kita, prestasi organisasi kita, sampe prestasi-prestasi lainnya. Sampe sempet ada keinginan, “kalo semester ini IP saya turun, gak ada keraguan, saya pasti keluar dari asrama ini”.

Berbagai bayangan buruk itu, ternyata terhapus sedikit demi sedikit ketika sudah cukup intens bergaul dengan temen2 dan ikut program2 di asrama. Saya bangga punya temen2 yang punya visi besar dalam hidupnya. Mereka juga tidak segan berbagi dengan saya dan teman2 yang lain. Banyak pengalaman kocak. Dari mulai sulit mbangunin waktu Subuh, ada yang selalu tidur pas acara (hehe, sapa tuh???), jemuran baju yang nggak diakui punya siapa, sampe masih banyak lagi yang lainnya. Cerita-cerita nyebelin juga ada koq. Dari yang nggak piket lah, nggak mau nyuci abis makan mie lah, pake mesin cuci yang lama dan seabreg lainnya. Nah, sayangnya ada kisah sedihnya juga di asrama. Dimas (HI 05) yang tereliminasi, Safril (eks Elektro 05) yang dapet beasiswa Monbugakusho Jepang, Andi (eks Ilmu Ekonomi 05) yang juga dapet beasiswa bareng biri2 di Selandia Baru (hwakakakak…..), sama Ucok (FKM 05) dan Habibi (Hukum 05) yang mundur karena alasan keluarga. Sayang banget, kita semua gak utuh 30 orang kayak pertama kali kita masuk. Hiks….hiks…..

Oh ya, kekhawatiran saya pada awal masuk itu sama sekali gak terbukti ternyata. Buktinya, IP Semester saya selalu lebih baik dibandingkan sebelum masuk PPSDMS.Kualitas ibadah saya juga meningkat. Apalagi prestasi lomba dan kegiatan-kegiatan lainnya. Bener-bener kerasa ada bedanya antara sebelum masuk dan setelah berada di asrama PPSDMS.

OK, now i want to tribute for all my brothers in PPSDMS, untuk kisah2nya, untuk nasehat2nya, untuk obrolan2nya. untuk motivasinya, dan segala-galanya.

1. Adhi Nugroho ( Sekum FSI FISIP 2006-2007, Ketua BEM FISIP 2007-2008 )
2. Ahmad Fauzi ( KaDep Piptek IM Elektro, Ketua Angkatan 2005 SMA N 1 Tegal )
3. Agung Firmansyah ( PO CGT Fasilkom 2007, KaDep PSDMO FUKI Fasilkom 2007-2008 )
4. Andi Setiawan ( medali perunggu PIMNAS Lampung, Ketua KIRJAS, KaDep KreMas BEM UI 2008 )
5. Arif Raharto ( PO SINTESA Goes To Tegal 2007, direktur Mumtaz Progressio )
6. Dasril Guntara ( medali perunggu PIMNAS Lampung, Ketua FSI FISIP UI 2007-2008 )
7. Dedi Laksono ( duta LSM Antirokok, KaDep PK BEM UI 2008 )
8. Deni Hamdani ( asdos di TI UI, finalis lomba TI di ITB 2008 )
9. Edwin Nofsan Naufal ( Ketua MPM Psikologi 2007, Ketua BEM UI 2008 )
10. Harry Setyono ( Ketua HMD Matematika 2006. Ketua DPM FMIPA 2007, Ketua DPM UI 2008 )
11. Hudzaifah Hanum ( Ketua Al Hikmah research Center FISIP 2006-2007 )
12. M Anton Eka Sakti ( Ketua KSM Eka Prasetya UI 2007 )
13. M Faisal ( Ketua KSM Eka Prasetya UI 2008 )
14. M Hasan ( Ketua HMD Biologi 2007, Wakil Ketua BEM FMIPA 2008 )
15. M Kamiluddin ( Ketua Departemen ILC SALAM UI 2007 )
16. Rachmat Ramdhani F ( Juara I LKTM Teknik 2007, anggota MPM FT 2007 )
17. Refi Kunaefi ( Ketua IMM 2006-2007, penerima beasiswa Sampoerna dan Goodwill, Mapres II FTUI 2007 dan 2008 )
18. Riski Anggi Wirawan (Sekum BEM FT 2007, beasiswa ke Japan 2008 )
19. Risqi M Gibran ( Ketua CAPONE, mapres Psikologi UI 2008 )
20. Safri Saifulloh ( KaDep Piptek BEM FT UI 2007, kandidat Ketua BEM FT 2007 )
21. Suryanuddin ( asdos departemen Adm Negara FISIP )
22. Tegar Hamzah ( Sekum MPM Psiko 2007, Ketua MPM Psiko 2008 )
23. Zhajang Lili Charli ( Wakil Ketua ZISWAF UI 2007 )
24. Zulfadhli Nasution ( Ketua LDF Nurani FKM 2008 )

Serta untuk saudara-saudaraku lainnya yang sudah tidak bersama lagi di PPSDMS. I always miss u, leaders!!
1. Andi Irawan (eks Ilmu Ekonomi 05)
2. Dimas (HI 05)
3. Hadi Cokro (FKM 05)
4. Hans Hadida Sy (HI 05)
5. Rachmat Habibi Lubis (FH 05)
6. Syafril Bandara (eks Elektro 05)

Minnasan, arigato gozaimasu…………..

4 thoughts on “Living with “The Giants” in PPSDMS

  1. Mantaaaap bro…ane juga merasakan hal yang sama kayak antum…semoga kita dapat istiqomah dalam memegang idealisme kita saat ini dan nanti….

    …..

  2. wah tulisan mu itu mas…
    bikin saya iri berat..!!

    tapi apa mau dikata..
    UI terlewati..
    terdampar di Kemanggisan..

    tak perlu disesali.!!
    hufh..
    saran donk…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s