Konser Angklung Kami

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi tentang petualangan saya dan teman-teman di kampus dalam dunia angklung. Kelompok angklung kami diundang untuk mengisi sesi penampilan di Festival Film Asia ke-3 di Jeddah. Acara ini digelar pada 17 Februari hingga 1 Maret 2010. Buat saya, ini pengalaman pertama ikut konser angklung di hadapan tamu internasional. Rombongan kami berjumlah 16 mahasiswa Indonesia dan 2 mahasiswa Meksiko. Kedua mahasiswa Meksiko ini bermain bass dan perkusi. Kami ingin menunjukkan bahwa bermain angklung tidak hanya milik orang Indonesia, tidak hanya bisa untuk memainkan lagu Indonesia.

Kami meninggalkan kampus sekitar pukul 17.00 waktu setempat dengan jemputan mobil Konsulat Jenderal RI. Hari itu, hari Jumat, 26 Februari 2010. Sekitar 1 jam perjalanan, dan kami singgah dulu di kantor KJRI untuk sholat maghrib. Setelah shalat, segeralah kami menuju ke Konsulat Brunei, sebagai tuan rumah acara tersebut. Perasaan deg-degan menghampiri kami semua. Melihat tamu yang sudah mulai memenuhi kursi undangan. Dan juga begitu kami mengetahui bahwa kami akan konser secara outdoor. Pengalaman kami sebelumnya di kampus, konser outdoor kami gagal.

Alhamdulillah. Berkat pertolongan Allah SWT dan doa dari rekan sekalian, kami bisa menjalani konser ini dengan baik. Kami memberikan 4 buah lagu; Lalayaran (lagu sunda), Edelweiss (sound of Music), Can’t Smile without You, dan Ya Mustapha (lagu Mesir). Kami memperoleh sambutan yang sangat luar biasa. Bahkan, kami diminta mengulang lagu Ya Mustapha. Para tamu sangat antusias dan gembira. Kami pun senang :D. Setelah itu, diputarlah salah satu film Indonesia yang memang menjadi agenda utama acara itu, Laskar Pelangi.

Dan malam itu, sebelum pulang menuju kampus, kami sempat mampir di sebuah toko Indonesia. Ada tempe, tahu, dan berbagai bahan makanan lainnya. Dan itu salah satu hadiah yang luar biasa bagi kami selain keberhasilan konser itu. Alhamdulillah… 😀

NB: silakan menyaksikan video konser kami di bawah ini
1. Konser mini di ECC
bagian 1
bagian 2

2. Konser di Festival Film Jeddah
bagian 1
bagian 2
bagian 3

2 thoughts on “Konser Angklung Kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s