Merasa Cukup, Cukup Merasa

Dua kata itu punya makna yang berbeda jika digabungkan dengan posisi yang berbeda pula. Namun, dua-duanya sama menariknya. “Merasa cukup” adalah suatu sifat yang saat ini dianggap inferior oleh kebanyakan orang. Karena dengan merasa cukup, kita akan disisihkan zaman. Dianggap sebagai orang yang tak punya ambisi dengan posisi. Tak memiliki keinginan untuk menjadi yang lebih baik pada masa depan. Karenanya, merasa cukup adalah sifat yang unik sekarang.

Merasa cukup sejatinya suatu ungkapan syukur. Islam menyebutnya qanaah. Merasa cukup menjadi salah satu indikasi bahwa kita benar-benar berterima kasih atas segala nikmat yang Allah berikan. Bisa jadi, salah satu maraknya berbagi penyelewengan moral karena tidak pernah ada rasa cukup pada seseorang. Tidak ada yang salah dengan menjadi kaya, sukses atau berhasil. Yang penting, cara memperolehnya adalah dengan “kewajaran”. Ilmu kauniyahnya, ya kita harus bekerja keras, disiplin, rajin, dan kreatif idenya. Teori kauliyahnya bilang lewat shalat, shadaqoh, puasa, shalat sunnah, dan sebagainya. Dan cara ini bukan rahasia, karena kita sudah mengetahuinya. Tinggal mau atau tidak kita melakukannya.

Adapun “cukup merasa” juga menjadi fenomena. Ada begitu banyaknya kemiskinan, kesewenang-wenangan, dan kebodohan. Dan orang-orang yang kaya, punya kuasa, dan pandai yang ada, masih sedikit yang “turun gunung” untuk memberantas penyakit-penyakit tersebut. Mereka tahu dan merasakan bahwa ada yang salah di lingkungannya. Namun, nampaknya nuraninya belum tersentuh. Bagi mereka, “cukup merasa” sudah cukup. Padahal, itu sungguh masih jauh dari cukup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s