Cerita Nabi

Dan semua kisah dari rasul-rasul, Kami ceritakan kepadamu, agar dengan kisah itu Kami teguhkan hatimu; dan di dalamnya telah diberikan kepadamu (segala) kebenaran, nasehat, dan peringatan bagi orang yang beriman [Huud: 120]

Umumnya kita menganggap bahwa isi dari Al Quran selalu tentang hukum syariat. Padahal, salah satu bagian Al Quran bercerita tentang kisah penuh hikmah. Ada kisah para nabi dan juga kisah beberapa orang shaleh.

Kisah itu bukan dongeng. Kisah itu merupakan bukti nyata dari peristiwa yang telah berlalu. Tentang Nabi Nuh yang berdakwah kepada kaumnya, hingga beliau diejek oleh pembesar kaumnya. Ada bagian juga dimana Allah menolak doanya kepada Allah untuk anaknya yang kafir.

Juga ada hikmah pengkhianatan dari kaum nabi Shalih, yang sudah diberikan mukjizat unta sebagaimana mereka minta, namun mereka sembelih unta itu. Maka Allah timpakan azab bagi mereka.

Masih banyak bermacam kisah di Quran, yang selama ini tak pernah kita ketahui. Salah satunya karena kita jarang membaca terjemahan Al Quran. Saat kita mampu membaca Al Quran dengan terjemahannya, pasti jauh lebih bermakna dibandingkan hanya membaca ayat-ayat-Nya.

*tulisan ini adalah tulisan keduabelas dari tiga puluh tulisan yang dipublikasikan ba’da ashar selama Ramadhan melalui facebook dan blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s