Dialognya Ibrahim AS

Ibrahim berkata: Maka mengapakah kamu menyembah selain Allah sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikitpun dan tidak (pula) memberi mudharat kepada kamu?” [AL ANBIYAA: 66]

Pernyataan tersebut adalah jawaban telak Ibrahim as terhadap kaum kafir penyembah berhala. Kisahnya dimulai dari ayat 52. Saat Ibrahim as melihat bahwa kaumnya menyembah berhala. Alasannya mengikuti nenek moyang mereka.

Lalu, muncullah ide dari Ibrahim as untuk menunjukkan bahwa berhala-berhala itu tidak punya kekuatan apapun. Dibawalah kapak dan dihancurkan semua patungnya, kecuali yang besar. Diletakkan kapak itu ke patung yang paling besar.

Ketika penyembah berhala itu menginvestigasi Ibrahim as, beliau menunjuk ke patung yang besar. Dialah pelakunya, kata Ibrahim as. Mereka menjawab, patung-patung itu tak dapat bicara. Maka, Ibrahim menjawab telak seperti ayat di atas. Sungguh telak.

*tulisan ini adalah tulisan ketujuhbelas dari tiga puluh tulisan yang seharusnya dipublikasikan ba’da ashar selama Ramadhan melalui facebook dan blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s