Pengulangan-Pengulangan

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka ketika mengingat Allah… [AZ ZUMAR: 23]


Jika rutin membaca Al Quran, pasti akan menemukan bahwa isinya disampaikan berulang-ulang. Kisah tentang nabi diulang berkali-kali di surat Al Baqarah, Al Anbiya, dan surat-surat lainnya. Peringatan tentang surga dan neraka juga disampaikan tak sekali dua kali. Tak lain agar kita selalu teringat ketika mengkaji Al Quran.

Ayat itu juga menyebutkan salah satu ciri orang-orang yang takut terhadap Allah. Saat ayat-ayat tersebut dibacakan, kulit mereka gemetar, tubuh mereka pun gemetar. Namun, ketika mereka kembali mengingat Allah, kulit dan hatinya kembali tenang.

Pertanyaannya kemudian, apakah kita termasuk golongan orang yang memperhatikan pengulangan-pengulangan tersebut? Apakah kita juga termasuk orang-orang yang tergetar hatinya karena mendengarkan bacaan Quran? Kita sendiri yang bisa menjawabnya.

*tulisan ini adalah tulisan keduapuluhtiga dari tiga puluh tulisan yang seharusnya dipublikasikan ba’da ashar selama Ramadhan melalui facebook dan blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s