Hati-Hati dari Dosa

Bismillah, #ngaji kita mulai… 🙂 #pakesarung #pasangpeci. Materi #ngaji ini saya peroleh dari kiriman MP3 seorang teman dari Tegal.

MP3 itu berisi tentang seseorang yang mengajukan pertanyaan kepada seorang kyai. Pertanyaannya sederhana sekali, “kenapa sih hidup ini penuh krisis, banyak orang miskin, ngantri BBM?”. Dengan santainya sang kyai ini menjawab, “Sebenarnya tujuan kita diciptakan oleh Allah SWT, Dia gak pengen buat kita miskin”. “Allah juga nggak pengen buat kita susah. Bahkan sebaliknya, Allah menciptakan kita hanya dengan dua tujuan: yang pertama, dimuliakan. yang kedua, dimanja”.


“Adam diciptakan dengan penuh kenikmatan. Namun, karena satu dosa yang diperbuat Adam, maka dipersulit hidupnya oleh Allah”. “Jangan makan buah khuldi, eh malah dimakan. Maka akhirnya, Allah turunkan ke bumi. Maka Adam tak bisa nikmati seperti dulu”.

“Apa karena itu, manusia berhenti berdosa? Nggak. Maka dulu yang tinggal ambil, kemudian harus nanem dulu baru nunggu panen”. “Apa karena itu dia berhenti dosanya? tetep lanjut. Maka tidak boleh nanem. Harus beli. Pergi pagi pulang malem. Lebih susah hidupnya”

“Apa dosanya berhenti? Nggak. Bikin dosa lagi. Maka, buat dapet sesuatu, ia harus hutang. Jadi lebih susah hidupnya”. “Apa manusia karena susah berhenti berbuat dosa? Nggak. Nambah lagi dosanya. Akhirnya nggak boleh ngutang”. “Sekarang manusia jadi gali lobang tutup lobang, nambah susah lagi hidupnya. Dipersulit sama Allah”.

Kata pak kyai, kalo ingin hidup tenang, tentram, dimanja sama Allah, kuncinya sederhana, jangan buat dosa! Ketika kita berhati-hati dari dosa, hidup enak banget. Ketika kita berhati-hati dari dosa, Allah langsung yang pegang urusannya. Hidup seperti berasa di surga. Pengen apa aja, cling dateng. Kayaknya gampang betul.

Kelihatannya nggak masuk akal ya? Ya karena selama ini kita pake logika manusia terus yang terbatas, nggak pake ilmunya Allah. Hidup udah berasa di surga. Bedanya surga di dunia dan di akhirat, hanya kematian saja. Makanya orang-orang beriman itu, menunggu kematian. ketika kematian tiba, mereka sudah masuk ke dalam surga. Intinya, semakin kita berhati-hati dari dosa, semakin banyak keajaiban yang muncul.

Demikian #ngaji kita malam ini. Semoga Allah berkahi dan bermanfaat bagi kita. Mohon maaf atas segala salah. Selamat beristirahat 🙂

2 thoughts on “Hati-Hati dari Dosa

  1. klw cling trus dateng? butuh usaha gak sih?
    apalangsung dtng gitu aja?

    iya sih emang enak, klw semua.a jln sesuai yang dihrpkn…
    tp apa g hambar tuh? kt orang hidup itu ky roda yg selalu muter, nah dr situ jg qt bs koreksi dr kita sendiri….., bener g sih?

    trus, gmn cr.a ngehindar dr dosa, bukannya yg nama.a manusia itu pst g luput dr dosa?
    apalagi menurut aq dosa itu kdng tnp qt g sdr.i, qt ngelakuin itu…..(contoh.a klw bohong gitu itu kan bs aja tnp disengaja…., uuppsss….)

    DITUNGGU JAWABAN.a yah…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s