Untuk Adik Kecilku di Depok

Saya pernah ada pada masa-masa seperti kalian. Saat pertama kali saya jauh dari orang tua. Saat saya mulai berlajar mandiri sepenuhnya. Saat saya hadir di lingkungan baru, yang saya tak tahu apakah tempat ini yang akan menjadi persinggahan berikutnya.

Saya pernah ada pada masa-masa seperti kalian. Saat beban tergantung sangat di pundak. Ketika pilihan setelah SMA ini akan menentukan seperti apa saya pada 5, 10, 15 tahun yang akan datang.


Fase ini memang berat. Apalagi harus berhadapan dengan tumpukan rumus, teori, konsep dari pagi, siang, sore, hingga malam. Tidak hanya untuk satu dua hari, tetapi lebih dari satu bulan.

Tidak ada belaian lembut ibu bapak ketika kita sudah bosan dan lelah dengan kejemuan. Tak ada juga keramahan dan keramaian adik dan kakak di rumah untuk menyegarkan lagi semangat kita.

Bersabarlah! Perjuangan masuk ke UI ini memang tidak mudah. Ia menuntut semuanya darimu. Bahagiamu, ceriamu, waktumu, semangatmu, juga lelahmu. Hanya doa, kerja keras, dan semangat yang membuatmu akan tetap bertahan.

Berjuanglah! Cuma itu yang mampu menjaga cita-citamu bertahan. Lupakan sejenak bermain, berbelanja, bersenang-senang, apapun itu. Bukan apa-apa. Kegembiraan itu hanya akan melemahkan impianmu.

SNMPTN atau masuk UI memang bukan satu-satunya jalan untuk mencapai kesuksesanmu. Namun, dari keduanya, impian lainmu mungkin akan lebih mudah tercapai.

Selamat berjuang. Semoga Allah memberkahi kalian.

2 thoughts on “Untuk Adik Kecilku di Depok

  1. mw tny gmn cr.a klw qt kehilangan kepercayaan diri krn ngadepin lingkungan baru trus suasana.a kurang nyaman gituh?
    contoh.a: ni kan aq kls 9, nah bentar lg mw ujian, tp ada pergantian kelas (semuanya berubah mulai dr suasana amp temen2…., trus temen2.a itu agk sedikit sombong, n susah bgt diajak toleransi..),
    padahal kan klw mw ujian itu aq butuh bgt suasana yg kondusif….

    Ditunggu Solusinya yah…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s