Salah Kaprah Ber-Ramadhan

Mau menuliskan ulang, berbagi #ngaji kemarin dari twitter saya, @akhdaafif. Semoga bermanfaat 😀

malem-malem ketemu lagi dengan #ngaji nih 🙂 semoga Allah masih kasih kita keberkahan dalam kesehatan. aamiin…

bentar lagi insya Allah masuk ke bulan Ramadhan. sudah siap beramal di dalamnya? #ngaji

nggak cuman puasa aja lho. kalo Ramadhannya masih cuma mikir puasa dari Subuh sampe Maghrib, ya sayang banget #ngaji

ada banyak amalan-amalan yang lain lho. bisa infaq, tilawah, sholat malam. masih banyak yang lain juga #ngaji

kali ini saya mau mengingatkan tentang beberapa kebiasaan yang tanpa sadar sering kita lakukan di bulan Ramadhan #ngaji

sepemahaman ilmu yang saya tahu, kebiasaan-kebiasaan seperti itu kurang pas aja #ngaji

pertama, mengawalkan sahur. biasanya dilakukan sama anak kosan atau keluarga kantoran di kota besar nih #ngaji

sahurnya bisa jam 11 malem, jam 12 atau sekitar-sekitar itu lah #ngaji

alesannya kalo tidur, takutnya malah nggak sahur. kan jadi nggak ada tenaga buat puasa besok. gitu katanya #ngaji

padahal Rasul menganjurkan untuk mengakhirkan sahur. tujuannya biar makanan yang dimasukkan jadi lebih tahan lama ada di tubuh kita #ngaji

selain itu juga biar kita bisa dapet sholat subuh pada awal waktunya #ngaji

kedua, segera makan porsi besar saat berbuka #ngaji

Rasul mencontohkan minum seteguk air dan tiga butir kurma saat berbuka #ngaji

kenapa sedikit? biar perut kita yang lama kosong nggak kaget harus bekerja keras dengan porsi banyak itu #ngaji

juga biar waktu kita nggak habis buat menghabiskan makanan. ingat, kita harus sholat maghrib! waktunya pendek lho! #ngaji

ketiga, menunda berbuka puasa. biasanya dilakukan kalo dalam perjalanan. atau mungkin merasa masih kuat? #ngaji

padahal Rasul mencontohkan untuk mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka #ngaji

lho, kalau masih dalam perjalanan, trus gimana? kan susah tuh #ngaji

ingat, ini cuma membatalkan. jadi bisa dengan minum seteguk air atau makan sebutir kurma, nggak ada masalah #ngaji

setelah itu, ya silakan lanjutkan perjalanan atau aktivitas lainnya. tentang kapan makan besarnya, ya silakan terserah Anda #ngaji

demikian #ngaji kali ini yang membahas tentang beberapa salah kaprahnya kita dalam beramal puasa

semoga bisa jadi pengingat dari sekian banyak persiapan yang sudah kita lakukan buat menyambut Ramadhan tahun ini #ngaji

semoga bisa diambil manfaatnya. mohon maaf atas kekeliruan yang ada dan sudah mengganggu timeline teman-teman #ngaji

selamat beristirahat. semoga Allah memberkahi amal ibadah kita. aamiin… #ngaji

Advertisements

2 thoughts on “Salah Kaprah Ber-Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s