Kisah Dua Tahun

Apa yang membuatmu berbisnis kaos? Itu pertanyaan mula-mula yang saya tanyakan kepada diri saya sendiri dua tahun yang lalu. Tidak ada pengalaman dengan bisnis kaos. Tidak jago mendesain. Bahkan, tidak mengerti apa saja yang harus dipersiapkan. Namun, sorot mata yang menandakan keyakinan dari teman-temanlah yang akhirnya memantapkan pilihan kami untuk memulainya.

Maka perjalanan dua tahun, per 1 Agustus 2012 lalu, adalah keajaiban, paling tidak bagi diri saya sendiri. Tidak pernah terpikir bahwa bisnis ini masih sanggup berdiri. Bahkan bisa membuka dua kios dan menghidupi seorang karyawan penuh. Banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang kami peroleh. Konflik dengan pencetak kaos, disemprot konsumen, dipandang sebelah mata, diacuhkan, menjadi menu harian.

Awalnya kami banyak mengeluh. Hasil tidak seberapa, kok capeknya luar biasa. Toh, hambatan dan kesulitan ternyata adalah obat. Obat untuk membuat hati dan akal kami lebih kuat dan dewasa. Kedatangannya seiring dengan popularitas. Inilah yang seharusnya kami waspadai. Popularitas akan membuat kami merasa cukup. Dan cukup adalah musuh besar kreativitas.

Teringat sebuah pepatah, mereka yang dalam bisnisnya tidak memperoleh sesuatu apapun selain uang, sebenarnya ia tidak memperoleh apa-apa. Karena itulah, kami selalu mengingatkan diri kami sendiri. Bahwa tidak hanya materi yang ingin kami peroleh. Ada idealisme membangun daerah, ada semangat kreativitas anak muda yang hendak kami salurkan, ada misi membuka sebanyak mungkin lapangan pekerjaan di kampung kami sendiri. Bahkan kami sendiri pun tidak tahu apakah niat itu dapat terwujud. Sekarang yang bisa kami lakukan adalah melangkah pasti, tahap demi tahap.

Melalui tulisan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja keras, sumbangan pemikiran, tenaga, dana dari investor, manajer, karyawan, percetakan dan semua pihak yang terlibat dalam Kaos Galgil. Juga kepada para pelanggan setia kami, yang rajin menanyakan apakah stok ini ada, kapan datang stok baru, kapan cetak ulang stok ini, dan rentetan permintaan yang lainnya. Semoga semangat ini akan selalu terjaga.

Selamat hari lahir Kaos Galgil. Selamat berkarya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s