Cinta Dua Tahun

Halo Unda,

Dua tahun lalu di tanggal ini, ayah selalu ingat, ketika itulah ayah mengucapkan janji setia, mengambil perwalian unda dari keluarga unda. Hari itu status ayah resmi berubah menjadi seorang suami. Dan sejak saat itu pula, kita berdua berjuang bersama-sama. Tahun pertama pernikahan kita tinggal berdua di kontrakan. Itu komitmen kita berdua sebelum menikah, bahwa kita harus mandiri. Apa unda masih ingat bermacam keseruan di kontrakan? Dari mulai tetangga tukang es, ibu haji depan rumah yang kalau ngomong berasa kayak teriak, sampai ibu ketua RT yang kuat ngobrol berjam-jam kalau bertamu ke rumah sampai ayah terkantuk-kantuk. Hahaha….

Berumah tangga mendorong kita belajar banyak hal secara langsung. Tentang bagaimana memahami perasaan pasangan, berkomunikasi, mengendalikan marah, dan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Dua tahun kebersamaan ini, buat ayah, sudah mengubah ayah menjadi lebih matang dalam banyak hal. Hidup ayah lebih terarah, punya orientasi dan target. Mungkin unda juga begitu. Ada masa-masa di mana kita saling bercerita tentang mimpi masing-masing, tentang Carissa, tentang keluarga, tentang pekerjaan, dan apapun yang ingin kita ceritakan. Juga ada masa ketika salah satu dari kita harus mengalah dan berkompromi atas pilihan yang tak kita sepakati, atau tentang kekurangan salah satu di antara kita.

Dua tahun, masih sangat muda bagi umur sebuah pernikahan. Masih panjang jalan yang harus kita berdua tempuh. Masih banyak rencana hidup yang telah kita berdua diskusikan sebelum pernikahan harus bersama diperjuangkan. Ayah tidak pernah meminta kepada Allah supaya keluarga kita selalu diberikan kebahagiaan. Karena ayah tahu, kematangan iman, akhlak dan akal kita tidak akan terbentuk jika hidup selalu bahagia. Hidup akan memberi bermacam warna: sedih, bahagia, kecewa, marah, takut, cemas. Maka, ayah berdoa supaya Allah menguatkan ikatan hati, kokohnya lengan, dan tegaknya kaki keluarga kita. Sehingga apapun yang dihadapi, kita ikhlas dan ridho menjalaninya bersama. Bahwa selalu ada campur tangan Allah dalam apa yang kita lakukan.

Terima kasih untuk segala warna dua tahun ini. Unda dan Carissa adalah salah satu anugerah paling luar biasa dalam hidup ayah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s