Sempurna Menyeluruh

Keluarga saya terdaftar sebagai pemilih di Pilkada Jakarta. Kami, saya dan istri, telah menggunakan hak pilihnya pada tengah Februari lalu. Besok, adalah hari penentuannya, siapa yang akan terpilih sebagai pemimpin Jakarta.

Kami memahami bahwa Islam yang kami jadikan jalan hidup, adalah aturan yang sempurna dan menyeluruh. Sempurna karena memang ajarannya tak ada cela. Menyeluruh karena di setiap bagian hidup, ada aturan agama yang mengatur. Mulai dari hal remeh di kamar mandi, sampai dengan urusan-urusan besar dalam bermasyarakat.

Berbekal keyakinan itulah, kami memilih tempat tinggal, memilih pendidikan yang tepat bagi anak, maksimal dalam bekerja, berumah tangga, bertenggang rasa dalam bertetangga, juga memilih siapa yang menjadi pemimpin. Islam menjadi payung besar. Adalah keliru besar jika muslim, mendefinisikan Islam terbatas di masjid dan pengajian. Pemahaman seperti ini akan menjadikan hidupnya bimbang dan keliru arah karena mengikuti pedoman yang tidak sesuai fitrahnya.

Apapun yang terjadi dalam kehidupan, termasuk gubernur DKI besok, sebatas usaha kita mengikhtiyarkan maksimal. Gusti Allah sudah menetapkannya. Yang justru harus dikhawatirkan adalah, apakah dalam setiap langkah, sikap, dan pilihan hidup yang kita ambil, mengikuti yang Gusti Allah sudah atur, atau justru bertentangan dengan itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s